Jangan beli CB 150 R sebelum membaca ini!!!!

Posted on Updated on

Sudah sangat dinanti dan digembar gemborkan diblog maupun media sosial lainnya, saya pun pengen sekali nyicipin CB150R. Wah dan kebetulan sekali dalam kopdar Cbr250Yogya har iRabu 19 desember 2012, Pak Agung (Ketua club cbr250 yogya) mengumumkan bahwa diundang untuk test drive CB150R besok Kamis 20 Desember 2012 di stadion Maguwoharjo. Kebetulan juga nih saya lagi cuti dan acaranya Kamis  mau ke salah satu Bank swasta di yogya tempat dl saya bekerja.

Setelah urusan di Bank NISP yang sekarang menjadi BANK OCBC NISP, saya menuju pusat sakit kepala, eh menuju ke Maguwoharjo, dengan ditemani oleh Blackhaser saya sampai di lokasi jam 15.00 lebih dikit, disana sudah ramai temen temen dari Cbr250 yogya memperkosa cb150r.GILAAAAA!!!!! Ramai Abis… banyak anggota club Motor disini, mulai dari FBY, FBH, FBB, dll tumplek ruek… tak terkecuali para bloger, ternya ada brader Aji Kechap Prides CY.

Saya pun sudah napsu juga melihatnya akhirnya saya ke pantia mendaftarkan diri, mengisi formulir dan pernyataan test drive opolah isine selak kesuwen, udah diujung nihhhh…. hehehe.

Disaat menunggu giliran tindak perkosaan cb150r saya menggunakan properti jaket yang kekecilan maklum oversize badannya hehe… 90kg, tibalah saatnya setelah menungu beberapa menit… dalam hati udah dag dig dug blarrrr…. tibalah saat penantian ingin merasakan performa mesin yg diklaim berbasis Cbr150 ini.

Perasaan  pertama kali menaiki rasanya lebih tinggi dari pada Cbr150… mungkin ya karena ga ada spesifikasi tinggi dll, saat bokongku/my ass menyentuh jok… busyet…Joknya keras juga nih… jadi inget pakai PIES, tp ini lebih empuk dikit sih..

Saat kunci kontak kuputar kearah ON  kok tidak ada suara desingan… apa karena kuping saya tuli gara gara mungkin karena sound yang menyanyinya  keras di area tersebut.???

Dengan tingga saya sekitar 170an… maklum udah lama ga ukur sopo ngerti tambah duwur….hahaaha.. tidak ada kesulitan untuk menaikinya  dan telapak kaki juga napak sempurna. Dari pengalaman perkosaan ini beberapa hal yang saya rasakan, dan menjadi kritik dan review antaralain:
1. Styling
Dari sisi penampilan saya mengakui CB150R  sangat menggoda bagaikan wanita cantik tubuh langsing pakai bikini.

Saya memandangi mulai dari kaki-kaki roda depan sampai roda belakang, shroud yang sangat menyatu dengan tampilan headlamp, sayangnya tangki yang kurang kekar karena lekukan yang masih datar-datar saja dan tutup tangki yang masih konvensional kurang mengeluarkan aura sexy, kemudian dari sisi stang yang menurut saya kurang lebar, dan pengalaman pegang  stang yang masih berasa megapro masih kental….cb150r shroud1

Kemudian dari sisi joknya, dengan jok yang menyatu kurang memberikan nilai eksklusif, sehingga apa bedanya dengan vixion, ini tidak memberikan ciri pembeda!!! Jadi dengan  desain Jok mengadop split seat akan lebih sexy lan macho karena lekukannya mak nyuss…..

Soal buritan belakang dari sisi tail grabnya masih sangat standart, lagi lagi mirip vixion!!!! Argh… sebaiknya mengaplikasi milik New CBR 150 R atau yang terpisah dan lebih meruncing keatas. Dari segi foot step depan dan belakang sudah bermaterial besi aluminium lebih baik dr Cbr 150R, (jadi pengen ganti punya cb150r untuk pootstepnya buat  blackchaser…..
Dari tampilan knalpot sangat standar … kurang menonjolkan aura keseksian atau sedikit datar/cebleh…. kurang lekukan yang meninggi, atau kok ga mengadopsi yang milik Pulsar 200NS yang nyempok dibawah…

Penempatan tempat oli rem belakang sudah cukup baik meskipun tidak ada protektornya yang bisa melindungi tapi sdh cukup baik dibanding penempatan tempat oli rem CBR150r

mufler cb150r

 2.  Performance Mesin
Mesin yang diklaim generasi cbr150. Untuk tarikan awal sangat ciamik, saat mencoba pada awal start saya kena limiter di rpm 10.500 gigi satu sehingga mesin sedikit tersendat… karena terlalu napsu melampiaskan….. hasrat tergalau…., setelah tau kemudian shifting di rpm 8000 an tarikan awal sangat galak kalau dibandingkan  Cbr150 tarikan awal kurang galak, saat selesai di test 3 putaran…mesin tidak terasa panas karena adanya radiator dan kipas, meskipun panas tidak hot -hot banget… hangat lah…

Getaran mesin juga tidak terasa  dibagian body. Di stang juga tidak terasa getaran seperti di Pies.

Mantap banget buat harian deh sama buat touring karena tidak ada kekhawatiran mesin panas…tenang ada radiator brdaer!!!!
Kalau masalah mesin jangka panjang pasti Honda  deh material awet semoga sama seperti motornya papi (astrea prima) sampai hari ini masih dipakai buat kulakan barang dagangan.

engine cb150r3. Braking
Pengereman roda depan di speed 80 kpj ngerem mendadak roda depan  gigitannya poll….tapi cukup buat deg- degan hahaha… saat rem belakang dan rem depan saya coba untuk rem bersamaan di sekitaran speed 70 kpj ban belakang ngepot sedikit terangkat dan sempat mau jatuh karena oleng, tapi syukurlah aman terkendali. Entah kenapa mungkin karena faktor ban yang kurang lebar atau besar.
4. Handling
Penggunaan prolink shock ternyata lebih enak nikung mereng mereng lebih wuenak… pada speed 70-80 kpj inilah yang diklaim kelebihan dari cbr150. Tapi karena pusat beban CB150R di tenggah masih membuat perasan saya kurang safe. Handling dengan stang mirip megapro ga bikin capek tapi kurang keren disisi tampilan.

5.Pricing
Nah kalo dijogja dibandrol harga 23.700 jt sangat lah value for money… daripada beli motor dengan cc 150 lain di market Indonesia, dengan kompresi 11:1 bisa menggunakan premium untuk bahan bakarnya. Memberikan nilai lebih.
Kesimpulan:
Motor ini sangat layak dibeli dengan value for money dari spek yang ditawarkan. Ditambah kesedian sparepart dan bengkel yang ditawarkan alias 3s honda yang sudah baik.
CB 150R Motor Handal di segmennya !!!!
Kalo saya pengen beli motor ini dan dimodif supermoto!!! (Semoga Gusti paring rejeki.Amin)

Semoga review ini bermanfaat buat calon pembeli yang lagi galau.

Spesifikasi CB150R StreetFire

Panjang X lebar X tinggi : 2.008 x 719 x 1.061 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.288 mm
Jarak terendah ke tanah : 148 mm
Berat kosong : 129 kg
Tipe rangka : Diamond Steel (Truss Frame) New Innovative Trellis Frame
Tipe suspensi depan : Telescopic
Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Prol-Link)
Ukuran ban depan :  80/90 – 17 M/C 44P – Tubeless
Ukuran ban belakang : 100/80 – 17 M/C 52P – Tubeless
Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter

24 thoughts on “Jangan beli CB 150 R sebelum membaca ini!!!!

    Diposedicigp8 said:
    30 Desember 2012 pukul 8:16 pm

    nunggu p200ns wae ah:mrgreen:

      blackchasercbr150 responded:
      30 Desember 2012 pukul 10:39 pm

      makasih mas…ho oh ya… ketoke ijih worthed nek ora mahal banget… cuman masalah geter nek koyo p135 mas?

        Diposedicigp8 said:
        30 Desember 2012 pukul 10:49 pm

        ga ngerti:mrgreen:, dicoba wae xixixi. pokoe nek upgrade emoh nek gur 1 busi😆

    blackchasercbr150 responded:
    30 Desember 2012 pukul 10:58 pm

    hahaha…. ayoo nyobo…kapan ya?

    agung cbr said:
    11 Januari 2013 pukul 8:26 am

    aku malah ga sempet njajal je om, keburu ngurusin Helm Casey Stoner haha… Menurut temen2 memang tarikannya garang..

      blackchasercbr150 responded:
      11 Januari 2013 pukul 8:59 am

      iya mas agung, makasih kmrn bisa jajal karena CBR250yk

    pionize said:
    11 Januari 2013 pukul 10:36 am

    ciyeee….blognya keren nih…
    tulisan n gambar2nya uda lumayan mantep😀

      blackchasercbr150 responded:
      11 Januari 2013 pukul 12:16 pm

      makasih bro andrew ak pionize masih belajar ini ngeluarkan uneg uneg.

    Duffrider said:
    11 Januari 2013 pukul 10:43 am

    Reviewnya komplit, dah pantes jadi blogger otomotif nih
    Honda pastinya gak sembarang ngeluarin produk, melalui R&D yg panjang…
    Motor keren, semoga juga dgn after salesnya juga kereen
    After sales service yg dirasa masih kurang di CBR 150 dan 250, khususnya di ketersediaan suku cadang

      blackchasercbr150 responded:
      11 Januari 2013 pukul 12:21 pm

      terimakasih om Duffrider, masih jauh kalo jadi bloger hehehe… baru latihan. Kalau untuk aftersales yang katanya honda sudah 30 tahun gadek/ berdiri saya rasa ketersediaan parts cukup mumpuni om, kebetulan kemaren di AHAS Tunas Jaya Wonosari pesan Cable Thortle dan Cable Kopling untuk CBR150R saya dapat 5 hari kerja. sayangnya untuk service CBR150R di AHAS wonosari belom bisa.

    M-CBR said:
    28 Februari 2013 pukul 10:04 pm

    Nyimak sambil Seruput KOPI nya ,…🙂🙂🙂 ,.. wah baru tau kalo tmn tmn pada noba CB150R ,… jadi Ngiri😦😦😦

      blackchasercbr150 responded:
      28 Februari 2013 pukul 11:08 pm

      Lho…. ndak ikutan to mz ruli wkt itu… kemana je? Rame mas temen2

      blackchasercbr150 responded:
      15 Maret 2013 pukul 10:42 am

      lha pie to mas kok mas malah ra melu

      blackchasercbr150 responded:
      15 Maret 2013 pukul 10:45 am

      wah ga tau to mas… tak kiro wis ngerti je

    balap yo said:
    31 Juli 2013 pukul 2:09 pm

    meisn injeksi yah, emang Bengkel resmi Honda udah pada punya alat setting injektornya ?

      blackchasercbr150 responded:
      1 Agustus 2013 pukul 7:32 pm

      sudah ada mas, kemaren sempat setting juga buat cbr

    pencinta otomotif said:
    26 Januari 2015 pukul 2:18 am

    Mantap ulasannya mas,maaf baru baca,cuman masukan buat honda mudah2an baca blog ini,segi handlingnnya setuju kurang sporty dan mirip Mega Pro emang bener nyaman tapi dari tampilan kurang,dan Tangki setuju lagi kurang Kekar atau kurang sporty jadi terlihat kurang premiun,n 1 lagi jok belakang terlalu blesek ke bwah,ntah masalah monosohck atau apa.makasihh

      blackchaser the risers responded:
      26 Januari 2015 pukul 1:06 pm

      terimakasih om pecinta otomotif, atas masukannya semoga honda membacanya.
      kalau masalah jok belakang yang kurang nungging memang untuk genre motor sport street fighter/ sport touring ga terlalu njengat om

    mas bejo said:
    14 Juni 2015 pukul 10:46 pm

    Ane udah bikin tu supermotonya… Coba nuka google ketik “cbx 250”

    Toni said:
    21 Juni 2015 pukul 11:26 pm

    nuwun mas infone..
    wessss mantep wesssss sasi ngarep ng dealer honda milih cb150r..!!

    wingi sempet galau cb150r opo nvl.. hahhaha

      DARL-004 responded:
      22 Juni 2015 pukul 9:58 pm

      Mau ada facelliftnya mas, tunggu aja…zabar

    Dimas Fals Kusam said:
    23 Mei 2016 pukul 4:39 pm

    mas apa bener bisa honda new cb150r pake per kopling cbr250cc tpi dengan per di potong 1 lingkaran.apa bisa mas…???

    Doni said:
    11 Juni 2016 pukul 2:56 pm

    cornering jelek…sopirnya susah mengendalikan beloknya…tenaganya habis ketika open throtle setelah keluar tikungan…shock depan tuh kaku..kelempar kanan kiri kl pas kecepatan tinggi… Hayo piye kui ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s