10.000km bersama Datsun GO+ Panca

Salam Damai om dan tante….

image

Wah ternyata sebagai seorang risers dengan kuda besi  datsun Go+, sudah mencapai 10.000km lebih tepatnya 10.204 km dan sudah 6 bulan…. berlalu.
wuiihhh cepat juga waktu ini berjalan sob…

Nah karena sudah mencapai km itu saya akan memberikan  review tentang penggunaan Datsun Go+ sekalian nungguin si Grego (nama datsun Go+) punya saya di servis gratis yang ke 2 alias 10.000 km.

Datsun Goples , warna grey yg saya panggil Grego cukup memuaskan dan mampu memberikan kenyamanan buat kami sekeluarga.

image

Kelemahan dari Datsun Go+, saya sebagai user merasakan memang ada kelemahan di beberapa aspek, namanya juga buatan manusia pasti ada kekurangannya.
Dalam artikel ini saya akan memberikan testimoni dari beberapa kelemahan atau kekurang datsun go+.

  1. Kelemahan yang pertama yaitu karatan yang ada di bagian kaki-kaki depan. Awalnya sempat kaget dan khawatir apakah karat itu bersifat korosif dan akan mempengaruhi kaki kaki. Pada saat servis pertama (1.000km) untuk karat ini  tidak ada penanganan, dan dari Sales Advisor (SA) pun hanya diam dalam menangapi hal ini, menurut SA ini hanya hal yang wajar terjadi pada setiap kendaraan keluaran NISSAN, namun sekarang sudah diberikan servis gratis dibersihkan dan dicat karena upaya dari para funder dan rekan rekan Datsun Go Comunity Indonesia (DGCI) Mother Chapter yang telah berjuang menyampaikan aspirasi mereka kepada ATPM Datsun Indonesia.Featured image
  2. Kelemahan yang kedua adalah roda yang sedikit oblak, dan membuat stir narik, saat servis 1.000 km sudah saya sampaikan ke SA, langsung ditangani dan dilakukan pengecekan. Setelah dilakukan pengecekan dengan alat ukur mereka, dinyatakan bahwa oblak di Roda Depan masih masuk toleransi oblak, maksimal oblak yang dapat diklaim garansi yaitu diangka 0,05, sedangkan Gergo oblaknya masih 0,02. Masalah stir yang narik SA tidak menemukan penyebabnya, apakah dari laker/bearing roda atau knuckles. SA akhirnya melakukan spooring dan balancing (gratis) dengan menyesuaikan ke standartnya, saat ini gejala stir narik masih terasa dan saya disarankan untuk mencoba unit lain dan membandingkan dengan Grego. Terkait dengan kaki-kaki depan bila Grego dibawa pada track lurus dengan kecepatan 40 sampai 60 km/h, terdengar bunyi mendengung namun tidak sering, hanya beberapa saat mendengung berhenti dan mendengung kembali, dan menurut SA akan dibersihkan di bagian kaki-kaki dan cek remnya semoga nanti habis servis yang ke-2 ini akan teratasi.
  3. Kelemahan yang ketiga adalah terkait dengan Air Conditioner (AC), bahwa fitur di AC ini sangat minim, yang sekiranya di brosur dan di buku manual ada tombol pengatur suhu ternyata tidak ada fungsinya (menurut saya), setelah saya tanyakan pada SA dia memberikan penjelasan bahwa tombol itu adalah pengatur keluarnya udara, tapi ya tidak ada pengaruhnya mau di polke kekanan atau kekiri. Jadi AC dasun go+ ini blm sekomplit versi India.  AC terlalu dingin walaupun cuma di posisi 1, solusinya adalah menutup lobang aliran udara AC. Sampai saat ini masalah AC blm ada tindak lanjut dari ATPM.Featured image
  4. Kelemahan yang ke empat, yaitu permasalahan semua pintu-pintu yang bunyinya clang saat ditutup membuat Datsun Go+ terkesan mobil murahan, dan harus dibanting keras nutupnya,  kalau orang yang baru pertama kali naik datsun go yang menutup seringkali tidak bisa rapat karena tidak biasa mbanting. sudah seringkali kejadian dijalan saya diperingkatkan kalo pintu datsun belum menutup sempurna, biasanya pintu belakang. Untuk masalah ini belum ada solusi dari Datsun Indonesia kepada pemilik yang telah membeli pada tahun 2014, tapi untuk  Datsun Go+ dan Go Hatchback yang keluaran 2015 pintunya sudah berbunyi jleebb (akan saya bahas lebih lanjut di artikel berikutnya).
  5. Kelemahan yang kelima adalah persoalan kaca yang terkena jamur dari awal membelinya, menurt SA bisa di bawa ke 3M Flash untuk di poles, biaya sendiri, sebenarnya ini adalah kesalahan dari pabrik, karena mungkin keadaan penyimpanan yang salah sehingga menyebabkan jamuran.
  6. Kelemahan yang keenam adalah masalah alarm yang terlalu sensitiv, yang pada saat servis bisa dilakukan penyetelan di Beres, dan apabila ada barang elektronik di mobil (misalnya Handphoe) maka alarm  akan berbunyi, dilewati motor dengan mufler yang keras juga akan berbunyi.Featured image
  7. Kelemahan yang terakhir adalah masalah central lock yang mati meskipun remot masih nyala alias batere remot full. Untuk kasus ini belum ada penyelesaian, kalau memang ada kerusakan di unit headnya maka akan diganti. Masih dalam proses perbaikan dan belum ditemukan penyebabnya.

image

Meskipun sudah nemuin beberapa kelemahan dan kekurangan, saya tetep optimis dengan Datsun Go+ ini dapat menjadi family car dengan high value.
Semoga kedepan Nissan Motor Indonesia dan Datsun Indonesia lebih baik lagi dalam memberikan layanan after salesnya bagi para risers.
Salam damai bro sis.

40 thoughts on “10.000km bersama Datsun GO+ Panca

  1. Pak,mau tanya nih, kalau go+ milik bpk tertahan di 120 km / jam rpm 3 posisi gigi 5 gak? soalnya saya punya gigi 4 digeber sampai 140 km / jam, dioper gigi 5 lsg turun jadi 120 km / jam rpm 3 gak mau naik lg? kata org bengkelnya mbl cc kecil wajar aja, tp menurut saya itu justru gak wajar, masa mobil bisa digeber sampai rpm 5 tp tertahan dirpm 3 tidak mau naik lagi. mohon tanggapannya. tq

    1. Mohon maaf mas, saya blm pernah pakai lebih dr 110 km/h, itu saya di gigi 4, mentok segitu.
      Kl dl pernah ditanyain sm riser dgci yo, jawabanya kepala bengkelnya “Memang kalo datsun gigi 2 sngat pndek nafasnya dan gigi 3 panjang sekali bisa2 smpai 120 km/jam, tetapi setelah oper gigi 4 agak nglepeh apalagi 5 nya, ,
      Jadi datsun itu gigi 2 ditutupi kekurangan di gear gigi 3, , dan gigi 5 itu untuk santai dan hemat bbm, , yaitu yg namanya LCGC,,
      Datsun dengan march itu dimesin hnya ad prbedaan bbrapa komponen saja walaupun sama seri mesinnya,, dan yg lbih beda gearbox antara datsun dan nissan march,” smg bs membantu om kurniawan

      1. Tq ya infonya, cuma saya heran saja masa gigi 4 sanggup lari 140 km / jam, gigi 5 malah turun jadi 120 km / jam, kirain bpk pernah jlni diatas itu, krn info dari sales datsun sendr mereka sanggup geber sampai 150 km / jam dgn gigi 5, bahkan cust mereka lari mentok di 160 km / jam.

      2. Masak, bang ni klo ane lg seneng tarik2an ye tu rpm tak genjot ampe 5000 jngn lebih ntar power turun. Digigi berapapun bisa menghentak itu power asal bisa menyeimbangkan rpm speed dan giginya. Pernah ni dicipali ane kejar to top speed hehehe pengen tau aja ampe berapa ni mentoknya. Gila bang 170km/jam. Itu masih bisa narik lg cuma nyaliku bang yg sanggup ciut dah. Seumur2 naik motor ni bang paleng 110km/jam.
        Intinya sih ya bang. Kolaborasi antara gigi sped ama rpm bang dah itu aja.

  2. @Admin: Iyah betul sekali ulasan di atas.
    Keluhanya sama.. ^_^.
    Saya pngguna datsun go hatback..

    @ Agan Kurniawan: Iyah gan…utk gigi 4&5 sama saja tdak ada pngaruhnya, nafasnya tdak ada. Sya malah mntok d 120Km/h smpai full injak gas gigi 5.

      1. Makanya gak pakai merk Nissan melainkan Datsun, dari segi kualitas dibanding lcgc lain kalah, menangnya cuma space besar, dan harga bersaing, saya juga ragu kontrol kualitas Nissan terhadap Datsun, walau partnya dari Nissan.

      2. versi murmernya nissan ya datsun kl versi highnya infinity. sebagai brand yang baru di rebranding, sebaiknya lebih menonjolkan kualitas daripada keuntungan finansial saja

  3. satu lagi om kelemahan datsun go…fan radiator lemah, punya ane blum setahun da ganti 2x.(fan meleleh n mobil jadi overheat) pas km 18.000an dan >150.000..ga tau masalahnya di radiator apa sikring…

    1. Garansi void…alesan nya karena sempet masuk ke bengkel diluar DATSUN. pas kejadian memang pertama memang sore mau magrib, jd ya nyari bengkel terdekat. pas kejadian kedua lagi diluar kota…di KASKUS jg byk korban yg laen.. mungkin ada riser laen yg ngalemin…..

      1. Hehehe, itulah kenapa nissan hidupkan kembali datsun, kalo pake nama nissan bakal hacur image nissan, seperti dari awal saya blg kualitas datsun terburuk diantara lcgc, kemarin coba ipar punya ayla, walau 1000 cc tenaga lbh respon, dan gak ada masalah seperti datsun

    1. Tidak ada fotonya tau tau ngebul wktu mau ane akali dulu buat jalan ke beres gak boleh katanya mw di cek dulu mulai kemaren di beres blm ada kabar sampe sekarang
      Bhanya jelek itu mgkin kalo mati gara2 brostel hbis mash masuk akal ini leleh di rumah kipasnya

    1. Sebenarnya mobil datsun itu produk gagal, krn murah maka tidak ditanggapi, banyak masalah sejak awal produksi, seperti kaki2 karatan, mesin boros tidak bertenaga (padahal dari awal pakai pertamax, 1 ltr = 7 – 8 km) dan layanan servis nissan cenderung cari alasan untuk menutup produk gagalnya dgn alasan mbl murah jd wajar tak bertenaga dan boros, unit yang saya dpt lebih parah lg, tidak seperti unit test drive, dipelanin lwtin polisi tidur hrs ganti gigi 1 kalau ngak bakal ngelitik, pada bukan pakai premium, intinya kalau beli mobil lg tidak akan beli merk nissan – datsun, mendingan merk lain aja.

  4. Ya begitulah mutu datsun, cust tidak dilayani baik, alasan mereka mobil murah jgn byk berharap, makanya kalo ada masalah cust kesal sendr tanpa penyelesaian, saya yakin masalah fan gak bakal ada penyelesaian, kecuali disorot media seperti kasus nissan march bensin boros, saya sdh kecewa sama layanan nissan, skrg aja uda gak pake jasa beres untuk ganti oli dll, mahal tak ada jaminan, yg ada alasan segudang jika ada masalah.

  5. Ane dah pake datsun go+ 30.000km, alhamdulilah nih mobil valuable banget,pp 80km seminggu cuma 170rb pertamax, blum ada keluhan atau kejadian aneh2, servis diberes murah banget paling mahal 800rb, tarikan mantap geber ampe 140km. Tanjakan mantap waktu ke puncak bogor dan ciwidey, for all mantaap deh

  6. wah ada juga keluhan Fan Datsun, saya ambil keluaran des 2014 hatcback. untuk speed sih puas banget. gigi 5 ampe 150 sudah ga berani injek lebih dalam. tapi masih narik tenaganya. minum pertamax masih lumayan irit. klo pas ke jogja dari jakarta habis 40 literan lah udah geber abis di cipali rata -rata 120km/Jam.
    cuman barusan aja fan tiba tiba mati. ditandai ac ga normal. km baru 15.rb an.
    sabtu besok coba ke beres kira kira dicover ga untuk kerusakan kipasnya.

    waktu pertama minta coating karat sih lansung diberesin free di Nissan Puri Indah.

    nanti share lagi kelanjutannya

    waktu keluhan rem belakan bunyi coba diberes lain daerah tangerang kayaknya ga dikerjain, cuma dicuci doang mobilnya jadi keliatan bersin. 🙂 karena keluar bengkel keluhan masih ada ga ngaruh.

    apa layanan tiap beres beda atau memang susah claim nanti di info lagi 🙂
    thanks

      1. Info untuk klaim kipas
        Para Riser ga perlu kuatir, untuk unit saya hari ini cek penyebab kipas mati , ternyata sekering putus. Sekalian servis 20k selesai dan saat test selesai servis dan penggantian sekering yang kata sa nya 40 ampere itu ga lama sekering kembali putus dan bau terbakar.
        Sama mekaniknya dibawa kembali masuk dan dicoba x lagi. Dengan penggantian sekering dan cek ulang. Ternyata kembali putus.
        Akhirnya sejak awal masuk sudah diinformasikan sa KLO motor bermasalah nanti langsung ganti baru saja.

        Diluar dugaan setelah sa kasih kunci serah terima cek sudah diganti 1 set kipas radiator full. Jadi tinggal plug and play ga perlu pasang motor fan lama ganti yang baru.

        Tambah puas dengan. After sales-nya Nissan Datsun terlebih dealer Puri indah.

        Salam Riser

        See u. Next info

  7. Ane punya dago muantap bro, sekarang sudah 40rb km, ngk ada keluhan berartti, cuma waktu itu aki aja rusak pas 6bln lebih sehari jadi ngk bs claim, untuk speed ok lah masuk 150 di gear 5,tapi belum full, untuk bbm lumayan lah dalkot 1: 13 luar kota spt 1 : 16, belum pernah kena masalah fan, cuma kemaren sempet ngobrol sama orang datsunnya apakah tidak ada promo untuk tuker lock pintu biar suara agak halusan karna 1 unitnya s ekitar 500rb kalo 4 kan 2jt jadi ngak rasio aja , untuk overall ok lah, sekelas LCGC…

  8. Salam kenal agan-agan semua…. mau tanya apa ada yang pernah dengar atau mengalami kejadian ketika pakai dago dijalan gigi transmisi tiba-tiba tdk berfungsi atau doll tdk ya? Tuas bisa dgn mudah dipindah2, mobil tdk bisa maju/mundur walau gas sdh diinjak dalam. Mohon share infonya. Trims

  9. Salam kenal mas bagoes, masalah itu kalo dimbl saya yg dulu itu koplingnya slip, biasanya ganti kopling 1 set dan tali koplingnya, kalo di datsun sih saya gak tahu ya, pernah saya baca di web ada yg komplain masalah transmisi, itu kerusakkan pada gear box, hrs ganti gear box 1 set, dan masalah itu sempat heboh krn ribetnya proses acc utk penggantian gear box, mendingan saran saya coba ke beres lain atau ke bengkel umum yg ternama utk konsultasi masalah ini.

  10. datsun sy thn 2016, di datsun sy suka terdengar bunyi ntah dr mana ….saat mesin mulai di panaskan lama kelamaan timbul bunyi ciciricit dan pada saat jalan pelan …itu awal kejadian sehabis service 5000 km di beres…..

  11. saya rencana mau beli mibil datsun di awal februari ini,,,cmn pas lihat dan baca artikel ini,,,kok malah banyak maslah di mobil datsun,,,jadinya udah was_was gtu terhadap niat untuk miliki datsun,,

    1. Kalau saran saya sih lbh baik bandingkan dgn merk lain hrg seken serta kualitasnya, sampai skrg datsun cuma andalkan hrg murah aja, hrg sekennya jatuhnya lbh parah daripada merk lain, soal fitur biasa2 aja jika dibandingkan merk lain, terutama kualitasnya setelah 1 thnan akan timbul karat dibagian lain, milik saya sdh timbul karat dibagian ruang mesin, velg bawaan dan penutup rem tromol bagian ban belakang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s