Pemetaan P2TP2A Daerah Istimewa Yogyakarta

Posted on Updated on

image

Sugeng enjang lur, apa kabar semuanya? Semoga dalam lindunganNya selalu.

Pembaca blog yang saya cintai, pada hari Rabu tanggal 11 november 2015, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan FGD tentang pemetaan P2TP2A di DIY, yang merupakan FGD keduakalinya dalam kaitanya Pemetaan P2TP2A.
P2TP2A adalah Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak, yang merupakan lembaga layanan bagi perempuan dan anak korban kekerasan.

Narasumber kegiatan ini adalah Bp. Sis Paryadi dari PSW UGM, beliau menyampaikan tentang penelitiannya terhadap pemetaan P2TP2A.
Tujuan penelitian dan observasi adalah bahwa untuk pengembangan kebijakan diperlukan basis bukti, serta adanya indikasi SDM yang terbatas, dan perlu model penyediaan layanan yang efektif.
Karena kondisi tersebut perlu memetakan bagaimana kelembagaan P2TP2A yang minimal perlu ada bagi pemerintah daerah. Perlu servis model yang robust/sederhana, agar semua fungsi P2TP2A itu bisa tercover.
Dimensi pengelolaan kelembagaan, landasan kebijakan sudah ada baik perbub, sk, perwali dll, di DIY sudah muncul bagaimana kebijakan perlindungan perempuan dan anak, kota Yogyakarta sudah spesifik ada di RPJMDnya.
Jaminan kualitas dari pelaksanaan layanan yang diberikan, dari hasil pemetaan, dari tiga fungsi, fungsi layananya 60 persen, fungsi informasi yang kurang, pemberdayaan yang belum maksimal,
Tiga fungsi yang mengarah ke kesejahteraan kualitas hidup perempuan dan anak.
Masih ada tumpang tindih fungsi antara P2TP2A dgn bidang pemberdayaan perempuan.
Sarana prasarana penunjang tiga fungsi P2TP2A bagaimana dukungannya.

image

Pada kesempatan ini , disampaikan bahwa akan dipaparkan indikator penilian yang tujuannya bukan hanya untuk menilai P2TP2A di DIY yang terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota, serta provinsi, tetapi untuk belajar bersama bagaimanakah praktek terbaik P2TP2A, menuju fungsi yang ideal.
Parameter yang digunakan adalah sebagai berikut:

1. Proses pembentukan P2TP2A
Bagaimana Inisiatif pendiriannya, apakah top down, atau bottom up,
2. Saat pembentukan bagaimana keterlibatan stake holdernya, apakah hanya pemerintah, atau melibatkan lsm, masyarakat , lembaga pemerintah dan dunia usaha.
3.regulasi atau peraturan yang mendasari pembentukam lembaga, apakah ada perda, pergub, perbub, apakah ada AD ART, apakah ada struktur organisasinya.
4. Layanan yang diberikan, apakah ada layanan informasi dan promosi, pelayanan hukum, psikologis, dll, sistem jejaring atau rujukannya.
5.Sarana dan Prasarana P2TP2A,  yang antara lain punya gedung yang mendukung fungsi atau tidak, punya sekretariat tdk.
6. Sarpras lain yang mendukung fungsi, ruangan dan dukungan peralatan lain.
7. Program Kerja dan Pembiayaan, apakah memiliki program kerja tahunan tidak, banyak yang sifatnya pasif, punya road map jangka panjang, menengah, pendek, kegiatan, outcomes, output,.
8. Bagaimana pelaksanaan itu apakah melibatkan lembaga, masyarakat dan dunia usaha.
9. Pembiayaan, bagaimama sumber pembiayaannya, lembaga pemerintau, masyarakat, dunia usaha, kondisi pembiayaan yang cukup, baik atau kurang.
10. Sumber daya manusia, apakah sudsh punya SDM tetap, kontrak, volunter.
11.SDM sesuai dengan fungsi layanan yang diberikan.
12. SDM yg sesuai bidang atau bersertifikat
13. Peningkatan kapasitas SDM, apakah ada program pelatihan rutin, ada pelatihan insidental, dan peningkatan kapasitas internal.
14. Fungsi lembaganya, pusat informasi, pusat pelayanan, pusat pemberdayaan.
15.Jejaring, keterlibatan pemerintah, swasta, masyarakat.

Dari indikator tersebut diperlukan masukan dan kritisi dari para peserta FGD sebagai bahan dalam laporan di FGD berikutnya.

Sekian lur, monggo dicermati. Maturnuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s