Diskusi Musikal Simponi Band dan Deklarasi Berlian

Posted on Updated on

IMG_0436.JPG

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Republik Indonesia bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Gunungkidul melaksanakan kegiatan Diskusi Musikal Bersama Lindungi Anak di Gedung Sanggar Kegiatan Bersama (SKB) Wonosari pada hari Sabtu 10 September 2016 yang dimulai pada jam 11.00 WIB dengan menghadirkan Simponi Band (Sindikat Musik Penghuni Bumi), yang menyampaikan kampanye anti kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Dr. Wahyu Hartomo, MSc, yang merupakan Sekretaris Kementerian PP dan PA Republik Indonesia, dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan perlindungan anak dan diharapkan dapat mengena di hati anak-anak dan masyarakat di Kabupaten Gunungkidul dengan metode yang dapat mengena bukan melalui sosialisasi satu arah tetapi melalui musik dengan diskusi musik, diharapkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul dapat melakukan berbagai macam cara yang lebih kreatif dan rekreatif dalam menyampaikan sosialisasi perlindungan anak seperti diskusi musikal.

Deputi Perlindungan Anak Kementerian PP dan PA Republik Indonesia, Bapak Dr. Ir. Pribudiarta Nursitepu mengungkapkan, hasil survei kekerasan seksual anak usia 13 sampai dengan 17 tahu cukup besar, Korban kekerasab anak laki-laki prevalensinya 8,1% sedangkan perempuan 4 %, jika  dilihat dari populasi anak Indonesia87.000.000, kecenderunganna ada 600.000 lebih aak mengalami kekerasan Seksual.

Asisten Deputi  Perlindungan Anak Kementerian PP dan PA Republik Indonesia, Ibu Rini Handayani SE, menyampaikan  bahwa Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu lokasi dari pilot project gerakan PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) yaitu Desa Ngalang dan Desa Kemadang, sehingga diharapkan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul

Acara Diskusi Musikal Bersama Lindungi Anak tersebut menurut Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos merupakan acara yang positif dan perlu diselenggarakan kembali acara sosialiasi dengan model yang mengena dan sesuai dengan pemahaman anak-anak.
IMG_0589.JPG

Peserta kurang lebih 500 anak pada kegiatan ini terdiri dari perwakilan anak-anak SMP, SMA, SMK se- Kabupaten Gunungkidul, Forum Anak Desa, dan undangan dari SKPD terkait dan dihadiri pula oleh Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, dan selanjutnya dilangsungkan penandatanganan Deklarasi Bersama Lindungi Anak (BERLIAN) Kabupaten Gunungkidul.

IMG_0558.JPG

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Gunungkidul Bapak Sujoko, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa sangat kagum dengan pertanyaan dari peserta yang sangat aktif dalam diskusi perlindungan anak. Dengan adanya Peraturan Bupati Gunungkidul No 36 Tahun 2015 tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak dan Keputusan Bupati No 170/KPTS/2016 tentang Rencana Aksi Daerah Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak diharapkan anak-anak lebih berprestasi secara akademis maupun meningkatkan etika pergaulan remaja yang saat ini cukup mengkawatirkan sehingga dapat menghindari perkawinan pada usia anak yang akan menyebabkan lost generation.

IMG_0567.JPG

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s